" AL ILMU BILAA AMALIN KASY-SYAJARI BILAA TSAMARIN "

Ilmu yang tidak diamalkan seperti pohon yang tidak berbuah

13/07/11

Petunjuk Pelaksanan

Bismillahirrohmannirrohim
Alhamdulillah puji syukur kami sampaikan kehadirat Illahi Robbi yang menganugerahkan rahmat serta hidayahnya, solawat dan sallam semoga terlimpahkan selalu pada junjungan kita nabi besar baginda Rosululloh beserta keluarga, sahabat serta pengikutnya.

Untuk memenuhi kemudahan dalam memberikan pengajaran kepada seluruh anggota (santri) perguruan di susunlah Petunjuk Pelaksanaan  (Juklak), yang tersusun dan diusahakan sesederhana mungkin sebagai pegangan dan keseragaman para Guru, Pelatih maupun Asisten

Dari kesederhanaan Petunjuk Pelaksanaan ini, kami membuka tangan selebar-lebarnya guna menerima saran dan kritikan demi kesempurnaan.

Petunjuk Pelaksanaan

Untuk memulai latihan agar lebih terarah dan memudahkan dalam penyampaiannya, diperlukan tatacara sebagai  berikut :

I.    Pembukaan
II.   Salam Persaudaraan
III.  Berdoa
IV.  Pembacaan Ikrar Perguruan / Ikrar Santri
V.   Pelemasan / Pemanasan
VI.  Materi Dasar dan Materi Inti 
VII. Pengarahan atau Penutup

Tatacara diatas diharapkan dan diterapkan pada setiap jadwal latihan / pertemuan di wilayah kerja masing-masing baik di pusat, daerah, cabang ataupun ranting.

I.       Pembukaan.

Sebelum memulai latihan diharapkan kepada para guru, pelatih atau asisten menyiapkan terlebih dahulu seluruh anggota / santri di tempat latihan dengan aba-aba atau perintah sikap sempurna, bahwa kegiatan akan segera dimulai.

II.      Salam Persaudaraan.

Setelah pembukaan guru, pelatih atau asisten membuka latihan dengan salam persaudaraan sebagai tali pengikat persaudaraan sesama anggota / santri dan sebagai ciri khas PPS. Kharisma Persada.

III.      Berdoa.

Agar didalam latihan selalu mendapakan perlindungan petunjuk serta hidayahNya selalu dari Yang Maha Kuasa, dilaksanakan berdoa sesuai dengan keyakinan. Khusus untuk anggota yang Islam tatacaranya sebagai berikut :

          a. Membaca Ta'audz
          b. Membaca Basmalah
          c. Membaca Syahadat
          d. Membaca Solawat Nabi
          e. Membaca Al Fatihah
          f.  Membaca Niat :
                                       
Ya Alloh atas kuasa dan kehendak serta keridhoanMu, hamba memohon petunjuk dan bimbinganMu selalu, Hamba mohon...........(sebutkan tujuan yang dimaksud). Laa Ilaaha illolloh Muhammadarasululloh.

IV.    Ikrar Perguruan / Ikrar Santri.

Berisikan kebulatan tekad, pendorong dan penggugah semangat disetiap diri anggota / santri Perguruan PPS. Kharisma Persada. Dalam hal ini seluruh anggota / santri harus hapal dan mengerti maksud yang dikandungnya.

V.     Pelemasan atau Pemanasan.

Sebelum memulai atau masuk dalam pelajaran materi diadakan pelemasan / pemanasan, maksudnya diarahkan agar gerak badan tidak mengalami kekakuan dan ketegangan otot-otot maupun persendian. Dalam pelemasan atau pemanasan ini, dapat mengurutkan mulai dari atas ke bawah atau sebaliknya.

VI.     Materi Dasar dan Materi Inti

Untuk materi dasar berupa pengenalan gerakan-gerakan dasar dalam pencak silat baik berupa pola langkah, pukulan, tangkisan, tangkapan, elakan, maupun tendangan dan lain sebagainya.

Sementara untuk materi inti pelajaran akan disampaikan dengan dua cara pengajaran yaitu : yang disampaikan dilapangan dan diluar lapangan melalui Majelis Dzikir.

Materi Inti yang disampaikan di lapangan meliputi :

       1. Beladiri Pencak Silat :
           a. Jurus-jurus tangan kosong
           b. Jurus-jurus bersenjata
           c. Pencak Silat Seni
           d. Pencak Silat Pertandingan
           e. Pencak Silat Tarung Bebas, tangan kosong maupun bersenjata.

       2. Pernapasan Tenaga Dalam
           a. Pernapasan Tenaga Dalam Murni
           b. Pernapasan Tenaga Dalam Asma'ul Husna
           c. Pernapasan Tenaga Dalam Sabandar Kari Madi

Materi Inti yang disampaikan di luar lapangan melalui majelis dzikir meliputi :

       a. Ilmu Hikmah (Aurodh, Asma, Hijib, Jaljalut)
       b. Ilmu Khodam
       c. Ilmu Pengobatan
       d. Dzikir Tarekat

VII.      Pengarahan atau Penutup

Pengarahan ini disampaikan sebelum latihan atau pelajaran ditutup / selesai.

Demikian Petunjuk Pelaksanan ini dibuat agar dapat dilaksanakan disetiap wilayah kerja masing-masing dan materi pelajaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan anggota / santri perguruan.