" AL ILMU BILAA AMALIN KASY-SYAJARI BILAA TSAMARIN "

Ilmu yang tidak diamalkan seperti pohon yang tidak berbuah

13/07/11

Biografi Perguruan

Sejarah berdirinya perguruan sangatlah panjang bila diuraikan di sini, karena akan melibatkan beberapa perguruan yang terkait, tapi dalam kesempatan ini hanya menguraikan sedikit tentang kami. Terlahirnya perguruan karena didorong oleh keinginan dan kebulatan tekad untuk terus memelihara dan mengembangkan warisan budaya nenek moyang khususnya seni beladiri Pencak Silat dan Tenaga Dalam, dengan izin Pinisepuh / Noro Sumber keilmuan maka dibentuklah suatu wadah organisasi, yang kami beri nama Persaudaraan Pencak Silat " Kharisma Persada" yang di singkat PPS. " Kharisma Persada ".

PPS. Kharisma Persada merupakan suatu wadah pembinaan mental spiritual yang mengandung unsur keterampilan, pembinaan budi pekerti, pembentukan pribadi yang kuat dan semangat kebangsaan yang berguna untuk membentuk dan membina manusia-manusia pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat, bangsa dan negara serta agama.

Perguruan ini terlahir dan dimotori oleh beberapa orang pencetus yang mempunyai kesamaan dan keinginan untuk melestarikan , mengembangkan dan menyalurkan bakat serta sekaligus mengadakan suatu pendidikan pembinaan dalam pola yang intensif dalam latihan berupa fisik dan keagamaan.

Tujuan pembentukan perguruan ini adalah :

1. Dalam olahraga dapat digunakan untuk pembinaan hidup sehat jasmani dan rohani, peningkatan prestasi,  pembentukan sikap dan kepribadian, kemampuan berinisiatif, serta mengambil keputusan yang tepat dalam waktu yang singkat.

2. Dalam beladiri berguna untuk melindungi diri sendiri atau mempertahankan diri terhadap suatu bahaya yang mengancam jiwanya dan sebagai pendekar sejati yang bersedia membela kebenaran, kejujuran dan keadilan.

3. Dalam bidang seni berusaha melestarikan budaya lewat perguruan yang dilengkapi dengan seperangkat alat  musik / gamelan.

4. Dalam bidang agama, pesilat atau pendekar ditanamkan jiwa yang bertaqwa kapada yang Maha Kuasa     dan berbudi pekerti yang luhur, yang akan tercermin dalam tingkah laku sesuai dengan norma-norma agama   yang dianutnya. 

Perguruan PPS. " Kharisma Persada " secara resmi keorganisasian berdiri tanggal 28 oktober 1998 di Kota Putussibau kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Bersamaan dengan berdirinya PPS. " Kharisma Persada ", di Ibukota DKI Jakarta dan Bekasi berdiri pula Perguruan PPS. Buana Setra yang dalam pelajarannya beraliran atau bercorak sama. Mengingat adanya kesamaan tujuan pembentukan, Perguruan PPS. Buana Setra menyatakan meleburkan diri dalam satu wadah dan berinduk dengan Perguruan PPS. " Kharisma Persada ".

Untuk selanjutnya PPS. " Kharisma Persada ", dalam materi pelajarannya menggabungkan beberapa aliran diantaranya :

1. Untuk Pencak Silat fisik dan seni bersumber dari :
     a. Pencak Silat beraliran Jawa Barat :
         - Cimande :  Jurus Kelid (33 Jurus) dan Pepedangan
         - Cikalong :  Ulin Peupeuhan dan Usik Puhu
     b. Pencak Silat Ujungan / Sampyong :
         Kelincahan dan Kekuatan fisik untuk memukul dan dipukul                 
     c. Pencak Silat beraliran Melayu ( Pukul Tujuh )
         Sekali Pukul Seteru Tumbang

2. Untuk Pencak Silat Tenaga Dalam Pernapasan bersumber dari :
     Aliran Sabandar Kari Madi ( Jurus Lima )
      
3. Untuk kebatinan atau keagamaan bersumber dari :
     a. Pondok Pesantern Al Qodiriyah, Cianjur dengan KH. Abdul Qodir (Alm),
         KH. Amad dan KH. Dadang
     b. Pondok Pesantren Negla, Tasik Malaya dengan KH. Muhammad Kholis
     c. POSKAB Sapu Jagat Pusat, dengan KH. Muhammad Anwarulloh (Alm)
     d. Padepokan Sangiang Talaga, Majalengka dengan Ajeungan Ono Dasfi
     e. Padepokan Braja Intan, Sukabumi dengan Abah Ahmad Bachtiar
     f.  Aliran Sin Lam Ba, Jakarta dengan Uda Sayuti (Mayuti)
     g. Aliran Al Hikmah, Bogor dengan KH. Edi Kusuma Brata
    h. Kesepuhan Cirebon, mohon maaf beliau tidak mengizinkan
        untuk dicantumkan namanya. 

Untuk materi pelajaran diatas yang berupa Fisik dengan izin dari Noro Sumber keilmuan, oleh beberapa orang pencetus perguruan telah diramu atau dikombinasikan sesuai dengan keadaan dan memakai pola / peraturan yang ditetapkan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Dan untuk keaslian Aliran Pencak Silatnya masih terjaga dan hanya diturunkan kepada orang yang dipercaya.

Demikianlah sekilas latar belakang biografi perguruan PPS. " Kharisma Persada ", Salam Hormat penuh takzim teruntuk Pinisepuh-Pinisepuh Perguruan di atas dan tanpa mengurangi rasa hormat, apabila ada yang tidak berkenan kami mohon dibukakan beribu-ribu pintu maaf, karena itu merupakan suatu kekurangan kami.

Wabillahit taufiq wal hidayah
Wassalam Wr.Wb.