" AL ILMU BILAA AMALIN KASY-SYAJARI BILAA TSAMARIN "

Ilmu yang tidak diamalkan seperti pohon yang tidak berbuah

13/07/11

Lambang dan Artinya

Lambang perguruan terdiri dari :

a. Segi Lima
b. Tali Bersimpul
c. Bintang Bersinar
d. Kitab
e. Pedang Bersilang
f. Pita Tertulis
g. Warna-warna 

Arti dan Makna  yang tersirat dalam lambang perguruan :

a. Segi Lima :

Melambangkan dasar negara yaitu yaitu Pancasila, dapat pula melambangkan rukun islam yang ditanamkan dalam diri setiap anggota.

b. Tali Simpul :

Melambangkan satu kesatuan yang tak terpisahkan yang mengikat erat berpadu satu, bahu membahu, saling asih, asah dan asuh yang dilandasi oleh cinta kasih penuh dengan persaudaraan.

c. Bintang Bersinar :

Melambangkan sinar keagungan Yang Maha Kuasa, yang merupakan cahaya dari cahaya, sumber dari segala sumber, tempat memohon dan dapat juga melambangkan keilmuan yang dapat menerangi disetiap diri anggota perguruan.

d. Kitab :

Sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan, baik berupa kaidah maupun norma-norma kehiduan dan keilmuan yang diajarkan berdasarkan Al Qur'an dan Hadits.

e. Pedang Bersilang :

Melambangkan kekuatan dan pertahanan dalam menghadapi kehidupan, serta keadilan dan kebenaran yang harus dijunjung tinggi.

f. Pita Bertulis :

Perlambang panji perguruan yang musti dijunjung tinggi oleh setiap anggota, yang bermakna " Dengan kebijaksanaan, kewibawaan, keariefan, kesucian hati dan cinta kasih penuh persaudaraan serta sifat kesatria yang menjunjung tinggi harkat martabat, dapat mengharumkan nama diri dan bangsa serta negara maupun agama sebagai putra-putri bumi persada.

g. Warna Merah Putih :

Melambangkan bendera negara, dapat pula merupakan sifat kesatria yang gagah berani, yang disertai ketulusan hati yang suci tanpa pamrih.

h. Warna Hitam :

Perlambang asal diri manusia yang diciptakan dari segumpal tanah dan perlambang sifat pendekar yang merendah yang menganut ilmu padi, serta landasan olahraga pencak silat.

i. Warna Hijau :

Perlambang dunia persilatan dan dunia islam yang penuh dengan kedamaian dan kesejukan.

j. Warna Kuning Emas :

Melambangkan kewibawaan dan keagungan serta kebijaksanaan sifat pendekar atau kesatria.

k. Warna Kuning : 

Perlambang keariefan dan kebijaksanaan dari seorang pendidik, pengayom dan pembimbing.